Selasa, 22 September 2015

4 Langkah Menghemat BBM Kendaraan Anda

Pertumbuhan teknologi di zaman yang modern melahirkan banyak terobosan baru, salah satunya adalah kendaraan. Semua pastinya tidak asing lagi kehadiran barang yang satu ini sebab tentunya setiap dari kita menggunakannya dalam aktifitas sehari-hari baik roda 2 maupun roda 4.

Baik roda 2 maupun roda 4 semua menggunakan bahan kimia penggerak barang tersebut, yaitu bahan bakar minyak, atau yang akrab disebut dengan BBM. Harga BBM di Indonesia kian melonjak disebabkan inflasi, keadaan ekonomi global yang tidak stabil, ataupun faktor faktor X lainnya.

Dengan meningkatnya harga BBM, berikut adalah tips dari saya untuk anda, untuk menghadapi kenaikan harga minyak saat ini:

1. Rutinlah untuk mengganti oli kendaraan anda
Rutin mengganti oli kendaraan anda adalah salah satu cara menghemat BBM anda. Ini penting. Sebab oli yang sudah lama tidak diganti akan kehilangan kemampuannya untuk melumas mesin kendaraan anda. Akibatnya mesin kendaraan anda akan bekerja lebih berat dan membutuhkan energi lebih. Oleh karena itu, rutinlah untuk mengganti oli kendaraan anda untuk menghemat pengeluaran anda atas BBM.

2. Servicelah kendaraan anda 2 bulan sekali
Untuk peforma kendaraan dan tarikan mesin yang ringan, anda perlu untuk rutin menservis mesin anda. Umumnya servis dilakukan 2 bulan sekali, namun ini fleksibel tergantung pemakaian. Servis juga dapat menghemat bbm anda karena energi yang dibutuhkan kendaraan semakin sedikit. Lumayan bukan ?

3. Jaga tekanan angin ban agar tetap stabil
Salah satu yang sering luput dari kita adalah tidak memerhatikan tekanan angin kendaraan anda. Padahal hal ini sangatlah krusial. Semakin besar tekanan angin ban maka semakin ringan tarikan kendaraan anda. Namun perlu diperhatikan tekanan angin yang berlebihan dapat menyebabkan ban cepat aus.

4. Lakukan eco-driving
Lakukanlah eco-driving, yaitu berkendara dengan menggunakan gas dan rem secara perlahan. ini akan menghemat BBM, umur ban dan rem anda.


(sumber: pengalaman pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar